Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Akuntansi YAI TA 2023/2024 : Siapkan Diri dan Segera Daftar!

Berikut ini adalah informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Akuntansi YAI TA 2023/2024 : Siapkan Diri dan Segera Daftar! sebagai berikut:

Dengan berpedoman kepada pengalaman serta sukses yang telah dicapai oleh Y.A.I dalam mengelola pendidikan, serta sesuai dengan kebutuhan akan tenaga-tenaga yang cukup dan terampil dibidang Akuntansi, maka pada tanggal 24 Februari 1977 Y.A.I telah maju selangkah lagi dengan mendirikan Akademi Akuntansi Y.A.I yaitu jurusan Akuntansi Program Diploma III, dan kemudian pada tanggal 24 Februari 1981 Akademi tersebut mendapatkan status “Terdaftar” dari Pemerintah.

Pada tahun 1987 Akademik Akuntansi Y.A.I telah mendapatkan status “Disamakan” dan mulai tahun 2002 AA Y.A.I sudah mendapatkan akreditasi dengan predikat A untuk program studi Akuntansi D-III sesuai dengan SK Dikti No. 003/BAN-PT/AK-I/DPL-III/IV/2002 dan predikat A. Pada tahun 2008 program studi Akuntansi mendapatkan akreditasi dengan predikat A sesuai dengan SK BAN-PT No. 017/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/X/2008.

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU AA YAI

1. Mahasiswa Baru

a. Persyaratan Umum
Akademi Akuntansi Y.A.I terbuka bagi setiap warga negara Indonesia dan warga negara asing menjadi mahasiswa sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

b. Ketentuan Pendaftaran dan Ujian Saringan Masuk

  • Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran (Form-1A). Formulir pendaftaran dapat diperoleh di kampus-kampus LPT Setelah mengisi formulir 1A calon mahasiswa mendaftar ke masing-masing Front Office LPT Y.A.I dengan melampirkan:
  • Foto Copy STTB (yang telah dilegalisir) 1 lembar
  • Foto Copy SKBRI dan surat keterangan ganti nama bagi WNI keturunan 1 Lembar
  • Foto Copy surat izin belajar bagi WNA/Identitas lainnya 1 Lembar
  • Pasphoto ukuran 3 x 4 = 1 lembar, 2 x 3 = 1 lembar berwarna dengan latar belakang merah
  • Menerima kartu saringan mahasiswa baru
  • Mengikuti test/ujian seleksi mahasiswa baru

c. Prosedur pendaftaran mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian masuk sebagai berikut:

  • Setelah menerima hasil tes, bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus akan menerima formulir-formulir:
  • Blanko Bank
  • Formulir pendaftaran Form I-B
  • Surat pernyataan persetujuan uang kuliah
  • Form pernyataan kesanggupan mematuhi tata tertib kampus dan seluruh peraturan yang berlaku di LPT Y.A.I.
  • Form Isian Jaket Almamater

Setelah membayar uang kuliah, Mahasiswa mendaftar ulang di sekretariat masing-masing Front Office LPT Y.A.I dengan melampirkan :

  • Bukti setor Bank Asli + foto copy 1 lembar
  • Foto copy KTP sebanyak 1 lembar
  • Foto copy STTB (yang telah di legalisir) 3 lembar
  • dan surat keterangan ganti nama bagi WNI keturunan 3 Lembar
  • Foto copy surat izin belajar bagi WNA 3 Lembar
  • Pas photo ukuran 3 x 4 = 6 lembar berwarna dengan latar beakang merah
  • Surat pernyataan Persetujuan Uang Kuliah/kesanggupan membayar
  • Surat pernyataan kesanggupan memenuhi peraturan yang berlaku di LPT Y.A.I
  • Setelah syarat-syarat dilengkapi, selanjutnya mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  • Mengambil Kartu Rencana Studi Sementara (KRSS)
  • Berkonsultasi dengan pimpinan jurusan atau dosen yang ditunjuk untuk mengisi Kartu Rencana Studi ( KRS)

2. Mahasiswa Pindahan/Lanjutan

  • Mahasiswa pindahan dari PTS asal ke LPT Y.A.I
  • Mahasiswa yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di LPT Y.A.I

Perpindahan ini dapat dilakukan apabila program studi dari PTS asal mempunyai status yang sama atau lebih tinggi dari program studi di LPT. Y.A.I yang dituju.
Syarat-syarat penerimaan mahasiswa pindahan:

  • Surat keterangan pindah dari Perguruan Tinggi asal
  • Transkrip asli atau Foto Copy yang telah dilegalisir.
  •  Foto Copy ijazah/STTB SLTA yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar.
  • Copy ijazah D-3 atau Sarjana Muda yang telah dilegalisir oleh pimpinan PTN/PTS sebanyak 3 lembar.
  • Foto copy SKBRI dan surat keterangan ganti nama untuk WNI keturunan dan surat izin belajar bagi WNA 3 Lembar.
  • Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah.