Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Pelita Nusantara TA 2023/2024 : Siapkan Diri dan Segera Daftar!

Berikut ini adalah informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Pelita Nusantara TA 2023/2024 : Siapkan Diri dan Segera Daftar! Sebagai berikut:

Sejarah STMIK Pelita Nusantara

STMIK Pelita Nusantara  didirikan pada tanggal 05 September 2003 dengan Akte Pendirian Nomor 16 yang  dikeluarkan oleh Notaris Gongga Marpaung, SH. Sebelumnya terdapat perubahan nama dan alih kelola dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer TAFEINDO(Tunggal Adicita Falsafah Esa Indonesia) yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tunggal Adicita Falsafah Esa di Medan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer (STMIK) Pelita Nusantara Medan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Demokrat Cemerlang di Medan, melalui keputusan Menteri Pendidikan nasional Republik indonesia No.159/D/0/2007 pada tanggal 22 Agustus 2007.

STMIK Pelita Nusantara Medan terdiri dari dua program studi yaitu Program Studi Manajemen Informatika (D-3) dan Teknik Informatika (S-1). STMIK Pelita Nusantara sebagai institusi penididikan tinggi berada di tengah-tengah lingkungan yang dinamis, menuntut peran  aktifnya dalam menghadapi berbagai perubahan agar dapat menjawab tantangan yang ada, STMIK Pelita Nusantara  memiliki  berbagai tantangan baik internal maupun eksternal dalam proses pengelolaan perguruan tinggi, diantaranya kuantitas input mahasiswa, keterbasan sumber daya,tuntutan globalisasi, tuntutan stakeholder, kualitas lulusan, persaingan di bidang pendidikan, dinamika kebijakan pemerintah, dan faktor – faktor lain yang menentukan  keberlangsungan hidup (sustinabity)  STMK  Pelita Nusantara  ke depan. Untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan yang unggul STMIK Pelita Nusantara mulai berbenah diri yang tercermin dalam visi, misi, dan tujuan  STMIK Pelita Nusantara.

Pendaftaran Mahasiswa Baru STMIK Pelita Nusantara

Persyaratan bagi calon mahasiswa yang mengikuti PMB diantaranya :

  • Mengisi formulir PMB
  • Fotokopi ijazah SLTA dilegalisir (1 lembar)
  • Pas foto terakhir ukuran 3 x 4 (2 lembar)

Kriteria penerimaan mahasiswa baru STMIK Pelita Nusantara dibagi dalam 3 (tiga) kriteria atau jalur, yaitu:

  • Jalur Reguler Non Beasiswa: Jalur ini diselenggarakan dengan cara menjaring calon mahasiswa baru secara terbuka untuk umum. Dalam pelaksanaannya, calon mahasiswa dapat mendaftar secara on line dan tidak online, selanjutnya panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) menyeleksi berkas calon mahasiswa baru, untuk kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis sesuai jadwal. Adapun materi tes tertulis adalah Tes Potensi Akademik terdiri dari : Tes Verbal, Tes Numerik, Tes Penalaran Logis dan Tes Bahasa Inggris .
  • Jalur Reguler Beasiswa Yayasan: Jalur ini diselenggarakan dengan cara menjaring calon mahasiswa baru secara terbuka untuk umum. Dalam pelaksanaannya, calon mahasiswa dapat mendaftar secara on line dan tidak on line, selanjutnya panitia PMB menyeleksi berkas calon mahasiswa baru, untuk kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis sesuai jadwal. Adapun materi tes tertulis adalah Tes Potensi Akademik terdiri dari : Tes Verbal, Tes Numerik, Tes Penalaran Logis dan Tes Bahasa Inggris. Mahasiswa yang lulus tes tertulis akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengurus yayasan maka dapat diketahui apakah mahasiswa tersebut menerima beasiswa pendidikan di STMIK Pelita Nusantara Medan.
  • Jalur Khusus: dalam rangka memberikan penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan, STMIK Pelita Nusantara memandang perlu untuk menyediakan kesempatan melanjutkan studi khusus untukanak-anak dari dosen dan tenaga kependidikan. Meskipun ini merupakan jalur khusus, namun calon mahasiswa yang mengikuti jalur ini tetap harus mengikuti seleksi tes potensi akademik.